nulisindah

"Maka nikmat Tuhan mu manakah yang engkau dustakan"

Akhlak Rasulullah SAW dalam Berdagang

pada 19 Mei 2012

            Dalam dunia bisnis, kadang diwarnai perilaku yang tidak sesuai prinsip syariah dan tidak islami. Untuk itu, sepatutnya para praktisi bisnis syariah menjalankan akhlak yang sesuai dengan akhlak Rasulullah SAW. Satu hal yang dimiliki Rasulullah SAW dan sulit ditemui pada pebisnis lainnya adalah akhlakul karimah yakni budi pekerti yang mulia.

            Salah satu aspek keimanan seorang muslim kepada rasul adalah dia harus yakin bahwa akhlak pribadi beliau adalah usawatun hasanah yakni, suri tauladan yang baik dan pantas dikuti. Jadi keteladanan beliau pada umatnya bukan hanya ibadah sholat, puasa, haji dll. Tentu itu benar kita harus mengikuti beliau dalam beribadah. Tetapi, jangan lupa bisnis beliau sarat dengan teladan. Beliau memiliki etos kerja yang sangat baik, bahkan jika kita membahas sejarah Rasulullah SAW, beliau telah mempunyai teladan yang baik. Bayangkan saja usia 8 tahun beliau sudah hidup mandiri, usia 12 tahun beliau sudah terjun bisnis berdagang ke siriah. Sejak usia 20 tahun beliau sudah  sukses dalam etos kerja. Beberapa kali beliau berpesan bahwa kerja keras itu adalah ibadah, amal soleh, jihad, bahkan kifarat penghapus dosa. Bisnis secara terbuka.bukan hanya etos kerja yang beliau miliki tetapi juga etika kerja. Seperti  kepiawaian, kelincahan, keuletan, tidak licik, khianat dan tidak boleh merugikan orang lain.

            Segi akhlak itu berlaku universal, maksudnya jujur perlu setiap saat, terbuka juga penting, cerdas juga penting, akan tetapi tentu ada praktek-praktek bisnis yang sebagai mana beliau ajarkan, semisal beliau berdagang memakai unta bukan berarti kita tidak boleh memakai mobil, pesawat dsb. Tentu kita lebih tahu bagaimana cara-cara untuk mencapai keuntungan asalkan denagn cara yang halal. Namun soal akhlak berlaku universal intinya berlaku masa rasulullah dan juga berlaku dimasa sekarang sampai akhir zaman. Jangan sampai merusak tatanan akhlak tetapi boleh timbul inisiativ yang cerdas. Untuk  melakukan bisnis-bisnis yang tidak baik. Seperti praktek-praktek tidak jujur. Inilah tantangan bagi para pengajar untuk bisa memberikan pesan-pesan moral. Jika bisnis ingin maju berkah tentu tidak melanggar ketentuan-ketentuan agama.

            Jika kita berbicara tentang Allah SWT dengan asmaul husan-nya. Allah itu maha melihat. Allah itu Al-Hasiib maha menghitung, Allah itu juga maha adil. Sehingga ketika kita berbisnis dengan cara licik, sebetulnya yang akan kita peroleh dan yang kita manfaatkan itu adalah jatah yang Allah berikan kepada kita. Kita harus yakin Allah itu melihat kita, Allah itu maha menghitung, Allah itu maha memperhatikan dan juga kita tidak boleh lupa malaikat Raqib & Atid juga mencatat apa yang kita lakukan, mungkin seseorang dapat kita tipu, tetapi malaikat tidak dapat kita tipu dan diakhirat kelak kita akan melihat catatan itu kemudian. Selanjutnya ibadah yang kita lakukan akan memberikan dampak kepada akhlak. Jika sholatnya baik, maka akan melahirkan pembisnis yang baik. Bahkan seluruh rangkaian ibadah itu memiliki dampak untuk membangun moral. Selain itu pemantapan iman menghayati nilai-nilai ibadah supaya memiliki dampak yang memberikan pesan kesan yang baik bagi akhlak, tentu saja lingkungan harus mendukung. Sulit bagi kita merubah seseorang itu untuk menjadi pembisnis yang baik. Oleh karena itu, perlu adanya payung politik yang menjamin bahawa pebisnis melanggar ada sangsinya, ada akibatnya dan seterusnya.

            Kita patut bersyukur terhadap Allah SWT bahwa dinegara kita telah secara resmi diperbolehkannya berkembang bank syariah, tinggal kepada para pemimpin dan umat islam untuk bisa turut serta mengembangkanya. Kita bersyukur juga perkembangnnaya cukup menggembirakan. Walaupun tentu saja dari segi harapan masih harus berjuang keras.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

M&J Blog

A collection of ideas and company news from M&J Trimming in NYC.

Tulle and Trinkets

A pretty place for personal style, cooking, DIY, and home inspiration.

%d blogger menyukai ini: