nulisindah

"Maka nikmat Tuhan mu manakah yang engkau dustakan"

IMPERIUM KEUANGAN ISLAM

pada 19 Mei 2012

Krisi dunia yang terjadi pada tahun 2008 telah mengubah secara total sitem keuangan dunia. Jutaan rakyat eropa dan amerika yang menjadi korban sistem keuangan ekonomi yang sedang berlaku sekarang ini mencoba mencari alternatif mana sistem keuangan yang lebih tidak berspekulatif dan lebih memberikan kemakmuran bagi rakyat. Salah satunya adalah sistem keuangan islam. Sistem keuangan islam dinilai tidak terlalu spekulatif dan tidak terlalu beresiko. Pertanyaannya adalah bagaimana kita membangun sebuah sistem keuangan islam yang betul-betul mampu berkontribusi bagi pertumbuhan ekonomi dunia dan meningkatkan kemakmuran kepada seluruh masyarakat didunia.

Dunia terus mengalami perubahan, dahulu sistem ekonomi yang liberal menjadi panglima perekonomian global, namun kini setelah sistem perekonomian negara-negara maju ambruk maka koreksi pun bermunculan. Salah satu koreksi yang dilirik dunia adalah sistem keuangan islam. Sistem keuangan islam yaitu sebuah sistem yang bebas dari spekulatif dan beresiko. Sistem keuangan islam tidak mengenal transaksi dimana barang yang tidak berwujud. Karena barang dan jasa harus berwujud maka sistem keuangan islam tidak mengenal transaksi derivative. Dalam aturan main yang mudah dan pasti sistem keuangan islam memastikan keamanan dalam setiap transaksi. Pertanyaannya adalah sejauh mana sistem keuangan islam bisa menjaga stabilitas perekonomian dunia dan melahirkan kemakmuran secara mengglobal. Atas pertanyaan tersebut saat ini jajaran bank-bank sentral diseluruh dunia. Di Eropa, Amerika, Afrika dan Asia bank-bank sentral sedang gencar mengenalkan sistem keuangan islam tujuan yang sama yaitu sedang mencoba menjadikan keuangan islam menjadi motor baru bagi perekonomian dunia.

Pebedaan mendasar antara sistem keuangan islam dengan konvensional ialah keuangan syariah berdasar prinsip bagi hasil, tak seperti di bank konvensional. Dengan berdasar prinsip ini tentunya akan lebih adil, juga merupakan win-win solution. Sebab keuangan islam tak memanfaatkan kepelikan dalam situasi seperti itu. Itu sebabnya keuangan islam sangat menarik. Juga amat penting untuk dikembangkan di Indonesia.

Selain itu, perbankan islam juga mengurusi ekonomi sector riil, transaksinya harus riil dan tidak spekulatif. Itu sebabnya saya yakin dengan prinsip ini, jika digunakan dalam perencanaan sistem keuangan dan perbankan masa depan, akan membantu untuk lebih tahan menghadapi krisis masa depan. Prinsip perbankan islam bisa berkontribusi untuk menetapkan sistem perbankan dan keuangan global yang jauh lebih tahan terhadap krisis.

Keuntungan sistem keuangan islam dibandingkan konvensional yaitu sistem keuangan islam  berurusan dengan ekonomi riil, Tidak ada spekulasi. Membantu vendor dalam hal peminjaman dana dengan win-win solution. Saya yakin jika pembiayaan negara berkembang berbasis islam kita takkan mengalami masalah besar utang negara miskin. Bayangkan jika investor datang dengan prinsip sama artinya mereka punya kepentingan untuk mensukseskan proyek itu. Mereka datang dengan manajemen, administrasi, pengetahuan yang jauh lebih menguntungkan bagi negara miskin dan berkembang. Saya berharap secara internasional kita memanfaatkan prinsip perbankan islam ini.

Sistem keuangan islam adalah pelengkap bukan merupakan koreksi sistem keuangan kapitalisme liberal, sebab ada permintaan untuk sistem ini dan permintaan itu bertumbuh. Selanjutnya tugas BI sebagai bank sentral untuk memenuhi permintaan pertumbuan tersebut.

Salah satu negara yang sudah menerapkan sistem keuangan islam adalah Turki. Di Turki sistem keuangan islam berkembang pesat. Turki juga pasar yang berkembang dalam perbankan islam. Di Turki tak menyebutnya sebagai bank islam melainkan Bank Partisipasi. Turki memiliki market share 5% dalam asset total dan tahun 2011 sekitar USD 30 milyar. Pencapaiannya kumulatifnya lebih dari 30%, itu merupakan angka yang besar. Bahkan tingkat pertumbuhannya lebih besar dari pada bank konvensioanal selama 6-7 tahun ini.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

M&J Blog

A collection of ideas and company news from M&J Trimming in NYC.

Tulle and Trinkets

A pretty place for personal style, cooking, DIY, and home inspiration.

%d blogger menyukai ini: