nulisindah

"Maka nikmat Tuhan mu manakah yang engkau dustakan"

NEGERI TANPA PAJAK

pada 19 Mei 2012

Ribut-ribut soal pajak. Pajak merupakan penopang terbesar APBN Indonesia. Pembiayaan terbesar negara ini berasal dari pajak. Sehingga negara ini sangat bergantung pada pajak untuk pembangunan dan penggajian pegawainya.

Tapi seiring dengan itu bermunculan para pegawai pajak yang kaya raya, walau hanya bergaji kecil. Lembaga pajak pun dinobatkan sebagai salah satu lembaga paling korup di negara muslim ini. Padahal disinyalir yang ditangkap baru tikus kecil. Para pemimpinnya berlaku bak pahlawan yang sedang mengusir dan membantai tikus.

Para ahli bicara. Semua memberi komentar. Kalimat paling standar pun muncul; kalau di rumah ada tikus, bunuh tikusnya jangan bakar rumahnya. Belum pernah ada yang berani sekadar berwacana: Negeri Tanpa Pajak. Walau sekadar berwacana. Tidak para ahli itu. Tidak para pengamat. Tidak para motivator yang biasa mengajak orang keluar dari kebiasaan. Tidak pemimpin agama.

Yang ada justru berbagai macam jenis pajak terus bermunculan. Pemerintah yang berhasil mengumpulkan pajak paling banyak sebagai income negara dianggap yang paling sukses. Saking liarnya wacana pajak, rakyat kecil yang hanya berjualan di sepanjang trotoar pun diwacanakan harus dipajaki. Nah, di sinilah dahsyatnya iman dan ilmu.

Lalu, bagaimanakah pemerintah dapat membiaya pembangunan negara dan membayar gaji para pegawainya. Salah satu jalan keluarnya adalah dengan mendirikan baitul maal. Baitul maal merupakan lembaga zakat yang bertugas memungut zakat kepada masyarakat yang mampu. Seseorang yang dikatakan mampu adalah yang berpenghasilan atau memiliki harta senisab 85 gram emas atau setara Rp 42.500.000 (85 gr x Rp 500.000) yang terkumpul selama setahun. Dari penghasilan tersebut dikenakan zakat maal atau zakat penghasilan sebesar 2,5%. Nah, dari 2,5% perorang inilah pemerintah dapat membiayai pembangunan negara dan membayar gaji para pegawai. Walaupun kecil asalkan halal dan berkah, dan tentunya juga tidak dikorupsi.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

M&J Blog

A collection of ideas and company news from M&J Trimming in NYC.

Tulle and Trinkets

A pretty place for personal style, cooking, DIY, and home inspiration.

%d blogger menyukai ini: