nulisindah

"Maka nikmat Tuhan mu manakah yang engkau dustakan"

HATI-HATI PENIPUAN ATAS NAMA TELKOMSEL

pada 16 April 2013

Baru-baru ini ayah saya mendapatkan sms yang isinya seperti ini “pelanggan yth, Anda mendapat hadiah TOYOTA AVANZA dari pengundian kejutan T-Sel dengan pin anda xy1i94b info klik atau kunjungi: www.kejutan-tsel.webs.com”. Sangat meyakinkan memang isi smsnya, ketika saya kunjungi situs webnya pun bagi orang awam tidak ada yang salah dari situs tersebut. Namun, setelah saya baca dan teliti lebih lanjut ada sedikit kejanggalan dari situs tersebut.

Pertama, sub domain “.webs”. saya berfikir apa mungkin perusahaan sebesar telkomsel menumpang sub domain?. Kedua, isi keterangan pada web tersebut yang menjelaskan tidak adanya informasi mengenai hadiah tersebut melalui call center dengan alasana demi mencegah unsur penipuan yang mengatasnamakan telkomsel. Ketiga, pemenang hanya dikenakan biaya administrasi berupa biaya balik nama STNK & BPKB kendaraan sebesar Rp 2.750.000 bukan pajak hadiah sebesar 10%. Karena kecurigaan tersebut, Saya langsung mencari situs resmi telkomsel di mesin pencari google. Ternyata memang benar situs resmi telkomsel adalah www.telkomsel.com BUKAN www.kejutan-tsel.webs.com.

Hasil pencarian google pun banyak yang mengindikasikan bahwa adanya penipuan yang mengatasnamakan telkomsel. Tanpa berfikir panjang saya mencari tahu dari situs-situs yang ada. Saya pun semakin yakin, banyaknya korban dari penipuan yang bermoduskan tersebut.

Oleh karena itu, untuk menjaga agar tidak tertipu dari hal tersebut ada beberapa cara yang perlu diperhatikan. Cara pertama, jangan mudah terpengaruh pada pengumuman apa pun yang mengatasnamakan Telkomsel. Selain yang dilansir secara resmi melalui situs www.telkomsel.com. Cara kedua, untuk memastikan kebenaran informasi undian berhadiah adalah melalui pesan singkat (SMS). Pelanggan yang mendapat informasi sebagai pemenang undian berhadiah Telkomsel dipersilakan mencari kepastian dengan mengirimkan SMS, ketik WIN kirim ke 777. Jika tidak ada konfirmasi, berarti informasi yang diterima sebelumnya adalah palsu. Cara ketiga, dengan mendatangi kantor pusat Telkomsel untuk memastikan kebenarannya.

Sumber :

http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2012/08/30/04151255/Telkomsel.Hati-hati.dengan.Situs.yang.Mengatasnamakan.Telkomsel.

http://kejutan-tsel.webs.com/daftar-pemenang


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

M&J Blog

A collection of ideas and company news from M&J Trimming in NYC.

Tulle and Trinkets

A pretty place for personal style, cooking, DIY, and home inspiration.

%d blogger menyukai ini: